Menjaga Mata Dari Radiasi Monitor

23 08 2009

MENGGUNAKAN komputer dengan waktu yang panjang apalagi menatap monitor secara terus-menerus dapat berakibat yang tidak baik pada mata anda. Karena salah satu dampak negatif dari penggunaan monitor adalah radiasi dari monitor itu sendiri. Pengaturan monitor yang kurang baik dapat menimbulkan penyakit seperti mengalami kelelahan mata yang berlebihan bahkan bisa berujung pada penyakit mata seperti rabun jauh misalnya. Ada beberapa tips agar monitor terasa nyaman di mata anda sehingga tidak akan berdampak negatif bagi kesehatan.

Anda bisa melakukan pengaturan-pengaturan berikut ini:

OSD (On Screen Display)
OSD (On Screen Display) adalah tombol-tombol pada monitor yang berfungsi untuk melakukan konfigurasi monitor seperti tingkat kontras (Contrast), tingkat terang dan gelap (Brightness) dan sebagainya. Gunakanlah pengaturan OSD yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda terutama 2 pilihan utama tadi.

Istirahatkan Mata Pada Jangka Waktu Tertentu
Jika anda berada dalam waktu yang lama di depan monitor, istirahatkanlah mata anda setiap 2 – 3 jam sekali selama 10 – 15 menit. Anda bisa pergi ke luar ruangan, arahkan mata ke tempat yang jauh. Ini sangat berperan untuk melenturkan kembali urat – urat mata sehingga dapat membuat mata anda segar kembali.

Atur Resolusi yang Tepat
Monitor keluaran terbaru dapat memberikan tingkat resolusi yang tinggi sekali sehingga tulisan-tulisan pada layar kelihatan sangat kecil. Namun jika anda merasa kesulitan (untuk baca misalnya), lebih baik anda menurukan resolusi layar sehingga kelihatan cocok dan nyaman menurut ukuran anda, misalkan menggunakan resolusi 1024 X 768 atau 1152 X 864 pixels.

Refresh rate
Penggunaan refresh rate yang tinggi dapat membuat mata anda merasa lebih nyaman. Refresh Rate memiliki fungsi untuk menampilkan banyaknya gambar yang muncul setiap detiknya. Jika nilainya semakin tinggi maka semakin baik, namun fasilitas Refresh Rate ini sangat dipengaruhi oleh kemampuan monitor. Semakin bagus sebuah monitor maka semakin tinggi nilai Refresh Rate yang dapat dioperasikan.

Untuk mengatur Refresh Rate dapat dilakukan sebagai berikut:

– Klik kanan pada desktop lalu pilih Properties
– Klik tab Settings lalu klik tombol Advanced
– Pada kotak yang muncul klik tab Monitor
– Pada kotak Monitor settings ubah nilai pada Screen refresh rate menjadi yang lebih tinggi. Misalkan menjadi 75 Hertz atau 85 Hertz. Jika sudah klik OK

Jika anda menggunakan monitor jenis CRT (tabung) maka nilai refresh rate yang dianjurkan adalah sebesar 75 Hertz atau lebih, namun apabila monitor anda mampu untuk menampilkan refresh rate dengan nilai yang tinggi maka anda dapat mengubahnya menjadi lebih tinggi lagi.(ck)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: